Allah Maha Cemburu

Tahukah kawan bukan hanya manusia yang memiliki rasa cemburu tetapi Allah maha penyemburu dari pada makhluknya. Jika seorang makhluk itu cemburu karena rasa ingin memiliki dan takut kehilangan tetapi cemburunya Allah itu lebih kepada kasih sayang untuk hamba-hambanya yang berbuat dosa, terkadang kita tidak menyadari hal itu karena, terlalu asyik dengan urusan dunia sehingga membuat kita lupa terhadap urusan akhirat, sifat tersebut harus dihapus dalam kepribadian dan kehidupan seluruh makhluk di muka bumi.

Allah sangat cemburu kepada hambanya yang sibuk dengan urusan dunia, yang begitu mengejar kekayaan, jabatan dan kegiatan yang memalaikan kepada perintah Allah.
Bukti Allah maha cemburu tercantum dalam hadits Rosulullah yang artinya:
“Sesungguhnya Allah cemburu dan kecemburuan Allah ketika seorang mukmin melanggar apa yang Allah larang.” (HR.Bukhori Muslim)
Dari hadits di atas sudah jelas bahwa Allah sangatlah memiliki sifat cemburu kepada makhluknya.
Apakah kita sudah menyadari bahwa Allah maha cemburu kepada hambanya?
Jika kita sudah menyadarinya, maka dengan cara selalu menjalankan perintah Allah, menjauhi larangannya dan tidak menduakannya dengan urusan duniawi yang hanya bersifat sementara, dari situlah Allah tidak akan merasakan kecemburuan lagi karena melihat semua hambanya senantiasa melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya.
Sudahkah kita selalu meningat Allah dari pada makhluknya?
Semua yang ada dalam anggota tubuh hanya bisa diketahui oleh diri kita sendiri dan Allah SWT, Maka dari itu segeralah bertobat dengan berusaha sedikit demi sedikit belajar memperbaiki diri menjadi lebih baik dan bersungguh-sungguhlah dalam melaksanakannya.

Dengan kita sering diberikan cobaan hidup baik itu dalam urusan keluarga, urusan teman atau bahkan dengan urusan kuliah, itu bertanda bahwa Allah masih sayang kepada hambanya, karena saat itu Allah sedang cemburu terhadap kita yang dimana kita terlalu sibuk dengan urusan duniawi dan Allah menginginkan kita untuk kembali kepada-Nya dengan selalu menyebut nama-Nya (Allah) disetiap do’a disepertiga malamnya atau setelah solat fardu dan yakinlah disetiap permasalahan pasti Allah akan membantu-mu. Allah sangat senang jika hambanya selalu meminta segala sesuatu yang diperlukan dan selalu memuji dengan nama-nama Allah (Asmaul husna), berbeda dengan manusia yang dalam contoh kehidupan sehari-hari saja bahwa jika teman kita selalu meminta makanan kepada kita pasti kita merasakan kekesalan dan akhirnya keluarlah kata-kata yang mungkin bisa menyakitkan perasaannya dengan kata “minta mulu modal dong” dan semua pasti kita pernah mendengarnya atau bahkan mengalaminya.

Cemburu adalah fitrah manusia dan setiap manusia pasti pernah mengalaminya, rasa cemburu terhadap orang yang kita sayang baik kepada suami, orang tua, adik, kaka atau bahkan kepada sahabat.
Allah maha pemurah, pengasih dan penyayang melebarkan sayap-sayap maaf kepada hambanya yang benar-benar akan memberbaiki diri menjadi lebih baik dan selalu melaksanakan perintah Allah
Sebagaimana hadits yang berbunyi: “sesungguhnya rahmat-Ku mendahului murka-Ku.” (hadits qudsi)
Maka dari itu segeralah bertaubat dan meminta ampunan atas segala dosa yang telah diperbuat selama ini, sebelum murka itu Allah turunkan dan hanya timbul rasa penyesalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *