Kisah Seorang Pedagang Kain Keliling

Seorang pedagang bernama Khalid Al-miski pemuda yang tampan, tubuhnya gagah, dan berkulit putih yang pasti jika seorang wanita melihat dirinya akan jatuh cinta. Pemuda yang keliling dari rumah ke rumah untuk menjual barang dagangannya disekitar kota Madinah. Hingga pada suatu hari, ketika pemuda itu sedang menawarkan barang dagangannya ada seorang wanita yang memanggil pemuda tersebut untuk membeli kain, maka pemuda itu pun memasuki rumah wanita tersebut dan segera menjajakan kain jualannya. Tiba-tiba wanita tersebut langsung menutup pintu dan menguncinya, pemuda mulai merasa ketakutan dengan apa yang akan wanita lakukan terhadap dirinya.

Lalu wanita tersebut berkata: “Wahai pemuda engkau tidak usah berpura-pura, aku wanita tercantik di kota ini dan aku adalah orang yang sudah lama memendam rasa cinta kepadamu, maka di ruangan ini tidak ada seorang pun kecuali engkau dan diriku, kau bebas melakukan apa saja pada ku dan aku juga bebas melakukan apa saja terhadapmu.” Pemuda tersebut semakin merasa ketakutan dengan godaan wanita yang sangat dahsyat, ia lebih takut kepada dirinya sendiri karena ia adalah laki-laki yang normal yang di hadapannya ada wanita yang sangat cantik, kemudian ia mengingatkan kepada wanita yang ada dihadapannya “Takutlah engkau kepada Allah, mungkin orang lain memang tidak melihatmu tapi Allah maha melihat apa yang engkau hendak lakukan kepadaku”. Lalu wanita tersebut berkata: “Sudahlah jangan berpura-pura, engkau bisa melakukan apa saja kepada ku dan jika engkau mencoba untuk menolak, aku bisa saja berteriak dan orang-orang akan mengira bahwa engkau yang akan berniat jahat kepadaku.”

Pemuda tersebut mulai berkeringat dingin, ia mulai berfikir keras agar bisa terhindar dari rayuan wanita tersebut. Hingga akhirnya pemuda tersebut meminta izin kepada wanita tersebut untuk ke kamar mandi dan sang wanita pun merasa senang mungkin pria tersebut hendak bersiap-siap. Maka masuklah pemuda tersebut ke kamar mandi dan mulailah ia dalam hatinya meminta petunjuk kepada Allah, pemuda tersebut di dalam hatinya terus meminta pertolongan kepada Allah “Ya Allah aku takut dengan keadaanku saat ini dan aku takut di luar sana ada seorang wanita yang berusaha menggodaku, maka apa yang harus aku lakukan ya Allah?”. Maka setelah itu pemuda tersebut pun menaburi kotorannya sendiri kepada tubuhnya, dengan meneteskan air mata pemuda itu berkata: “Wahai Allah apa yang aku lakukan saat ini bahwa aku takut kepada-Mu, dengan bau yang sangat dahsyat ini aku tidak mau melakukan perbuatan yang di benci oleh-Mu, maka tolonglah aku dan buatlah wanita yang mencoba merayu diriku tidak suka terhadapku.”

Sebelumnya pemuda tampan itu tidak pernah melakukan hal tersebut karena semata-mata ia ingin terhindar dari godaan wanita yang mengajak dirinya berzina, maka ia akan melakukan apa saja. Lalu pemuda tersebut keluar dari kamar mandi dengan keadaan tubuhnya dipenuhi kotoran, sang wanita pun merasa sangat takut dan berkata: “Ini adalah orang gila keluarlah engkau dari rumahku”. Maka pemuda tersebut pulang menuju rumahnya sedangkan orang yang bertemu di jalan sibuk menertawakan pemuda tampan tersebut. Tetapi ketahuilah apa yang terjadi ketika sesampainya di rumah pemuda langsungĀ  membersihkan semua kotoran yang ada di tubuhnya, ia merasa senang dan sangat bersyukur kepada Allah atas pertolongan-Nya. Tetapi ketahuilah kotoran yang sebelumnya ada pada badan pemuda yang dengan cepat bisa di bersihkan lalu Allah mengaruniakan kepada pemuda tampan tersebut tubuh yang harum seharum kasturi, kemudian orang-orang menjulukinya khalid Al-Miski. Tubuhnya yang harum sampai akhir hayatnya bahkan makamnya pun masih harum dan sering di jiarohi oleh orang-orang.
Kisah ini adalah sebuah pembelajaran untuk kita semua agar senantiasa selalu membawa Allah di dalam setiap kehidupan kita, karena Allah pasti akan membantu hambanya yang sedang dalam keadaan sulit dan di balik kesedihan tersimpan sejuta kebahagiaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *