Sahabat Sesurga

Sudahkah kita menemukan sahabat yang selalu mengajak kita kepada kebaikan dan perintah Allah?
Jangan kita terlalu sibuk dengan urusan dunia yang membuat kita terlena dan melupakan perintah Allah. Jika suatu saat kita mengalami hal yang membuat kita lupa kepada Allah maka ingatlah kematian akan datang kapan saja dan dimana saja, dengan begitu kita akan mengingat Allah kembali dan memperbanyak amalan untuk bekal kita di akhirat. Di zaman sekarang sungguh harus berhati-hati dalam mencari teman, jangan sampai kita salah memilih teman karena akan berakibat fatal kedepannya. Untuk berteman memang tidak boleh pandang bulu karena kita semua umat muslim adalah saudara, jika kita tidak bisa membawa teman untuk selalu mengingat Allah maka sebaiknya kita harus bisa mencari teman yang selalu mengingatkan kita kepada Allah.

Allah berfirman dalam surah ALi-imran Ayat 52 yang artinya:
Maka ketika isa merasakan keingkaran mereka (Bani Israil), dia berkata, “Siapakah yang akan menjadi penolongku untuk (menegakan agama) Allah?” Para hawariyyun (sahabat setianya) menjawab. Kamilah penolong (agama) Allah. Kami beriman kepada Allah, dan saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang muslim.
Ayat di atas sudah jelas bahwa penolong kita adalah sahabat yang setia yang selalu mengingatkan kita kepada Allah dan menjadi sahabat sesurga kelak di akhirat.  Carilah teman atau sahabat yang selalu mengingatkan kita kepada perintah Allah. Dengan sahabat yang selalu dekat dengan kita setiap saat, yang sudah mengetahui keperibadian kita, dan selalu membawa kita menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya maka pertahankanlah sahabat yang seperti itu, karena sahabat yang akan menolong kita di akhiat nanti ialah sahabat yang setia dalam keadaan senang maupun susah. Dimana ketika di akhirat sahabat kita sedang berada di surga Allah lalu mencari kita dan menemukan kita sedang berada di dalam neraka, maka akan meminta kepada Allah untuk diangkat dari api neraka dan dibersamakan kembali di surganya Allah.

Jika kita melihat teman kita salah melangkah dalam kehidupanya maka, ingatkanlah karena dengan saling mengingatkan akan semakin erat persahabatan yang kita jalin di dunia dan akan kekal sampai di akhirat. Semua tergantung diri kita dan niat kita, jangan sampai kita tertipu daya dengan dunia yang pana dan hanya sesaat ini. Mencari teman didalam hadist diperumpamakan seperti berteman dengan penjual minyak wangi akan mendapatkan wanginya dan begitupun sebaliknya jika kita berteman dengan orang pandai besi bisa jadi percikan apinya mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engaku tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.
Maka perbanyaklah berteman dengan orang-orang sholeh supaya kita terbawa kesholehannya dan saling mengingatkan dalam kebaikan karena kesempurnaan hanya milik Allah semata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *